×

Rumah Aren CICO Resort

Proses pembuatan gula aren semut atau gula aren cetak merupakan sebuah kegiatan yang terdiri dari serangkaian tahapan-tahapan proses yang saling berhubungan erat

Tahapan-Tahapan Proses Produksi Gula Aren

Setiap tahapan-tahapan tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik dan sesempurna mungkin. Kegagalan / kesalahan dalam salah satu tahapan proses tersebut akan sangat mem,pengaruhi hasil akhir dari produk yang diharapkan, baik secara kuantitas maupun kualitas, bahkan sangat mungkin akan mengakibatkan kegagalan total (secara keseluruhan) dari tujuan utama yang diharapkan, yaitu produk gula aren yang optimal secara jumlah (perolehan rendemen) dan mutu produk. Karena itu setiap pelaksanaan tahapan-tahapan proses produksi gula aren harus selalu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan selalu mengacu pada standar pelaksanaan baku baik itu tahapan-tahapan proses yang berkaitan langsung dengan aktivitas di atas pohon maupun aktivitas-aktivitas yang berlangsung di tempat / rumah produksi. Standar “quality control” dan pengawasan harus selalu dilakukan secara kontinu oleh setiap petugas pelaksana masing-masing tahapan proses tersebut.

Adapun tahapan-tahapan dalam rangkaian proses produksi gula aren dapat dibagi menjadi 4 bagian, sbb:

  1. Tahapan Peningguran ( 3 -4 minggu )
  2. Tahapan Pemangkasan Tandan dan Perangsangan Nira ( 1 – 2 minggu )
  3. Tahapan Penyadapan ( 2 s/d 6 bulan )
  4. Tahapan Pengolahan Menjadi Produk Gula
  5. Tahapan Pengemasan dan Penyimpanan.

Paket wisata edukasi berupa paket “Field Trip Study”

  • Para siswa diperkenalkan tentang cara membuat air nira diubah menjadi gula aren, serta di ajarkan cara mencetak gula aren.

 

 

Author

cico

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Powered by